Pengaruh Pembelajaran Realistic Matematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas III SDN 35 Pagambiran Padang

Yunitra, Muspita and Zulfa, Amrina (2023) Pengaruh Pembelajaran Realistic Matematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas III SDN 35 Pagambiran Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN SARAN DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI YUNITRA MUSPITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistic matematics education terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika kelas III SDN 35 Pagambiran Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran realistic matematics, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 35 Pagambiran Padang pada tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu Total sampling. Kelas yang menjadi sampel adalah kelas III A dan III B, kelas eksperimen yaitu kelas III A dan kelas kontrol III B dipilih secara random. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk isian. Hasil penelitian menunjukkan dalam rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kelas eksperimen nilai rata-rata 86,86 dan kelas kontrol nilai rata-rata 64.75. Secara uji statistic thitung dan ttabel 3,821>2,042 dengan taraf ∝ = 0,05 maka hipotesis H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model realistic matematics education berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas III SDN 35 Pagambiran Padang. Sehingga realistic matematics education diharapkan dapat dipergunakan sebagai inovasi serta penyempurnaan pada proses pembelajaran. Kata kunci: Realistic matematics education, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:28
Last Modified: 09 Mar 2023 08:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item