HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD IT NURUL IKHLAS KOTA PADANG

Izzatul, Jannah Aderiska and Ade, Sri Madona (2023) HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD IT NURUL IKHLAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover,JHalaman Pengesahan,Daftar isi,BAB I pendahuluan izza.pdf

Download (608kB)
[img] Text
Kesimpulan saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Full Teks Skripsi Izzatul Jannah A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Gaya belajar merupakan cara seseorang menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru. Keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh gaya belajar siswa itu sendiri karena masing-masing siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda sehingga kemampuan dalam memahami materi juga berbeda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menenttukan hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan.Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan sebelumnya pada uji korelasi didapatkan koefesien korelasi gaya belajar (X) 0,53 > 0,381 dan koefesiensi korelasi hasil belajar (Y) 0,53 > 0,381. Dengan demikian dapat dilihat bahwa koefisiensi korelasi gaya belajar dan hasil belajar lebih besar dari pada rtabel, maka dapat dinyatakan bahwa H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa di SDIT Nurul Ikhlas Padang. Hasil uji t tabel yang menunjukkan nilai t_{hitung} sebesar -3,142 < nilai t_{tabel} yaitu sebesar 0,684 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H1 ditolak dan H0 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SDIT Nurul Ikhlas Padang. Hal ini, artinya gaya belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan (besar) terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:33
Last Modified: 09 Mar 2023 08:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12098

Actions (login required)

View Item View Item