PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SATUAN BAKU UKURAN PANJANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD N 08 ULAK KARANG SELATAN

Carmelita, Sirila and Ira, Rahmayuni Jusar (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SATUAN BAKU UKURAN PANJANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD N 08 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (556kB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (20kB)
[img] Text
FILE 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI SATUAN BAKU UKURAN PANJANG PADA PEMBELAJARAN MTEMATIKA DI KELAS IV SD N 08 ULAK KARANG SELATAN Sirila Carmelita1 , Ira Rahmayuni Jusar1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universiatas Bung Hatta e-mail : Sirilacarmelita@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya media pembelajaran saat proses belajar mengajar yang dapat memengaruhi semangat siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran PowerPoint Interaktif pada pembelajaran matematika satauan baku ukuran panjang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and Develoment) dengan model penelitian yang digunakan dalah tipe ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada penelitian ini dibatasi sampai pada rahap development. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi,media divalidasi oleh 2 orang dosen (ahli materi, ahli media). Pada proses praktikalitas, media diujicobakan kepada 1 guru dan 27 orang siswa. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 90,62%, dan ahli desain 87,5% sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari 2 orang dosen ahli 89,06% dengan kriteria Valid. Data untuk Praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas oleh guru 98,3% dengan kriteria Sangat Praktis dan praktikalitas oleh siswa 93,92% dengan kriteria sangat Praktis, sehingga rata-rata prkstikalitas angket guru dan siswa 96,11% dengan kriteria Sangat Praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan PowerPoint Interaktif Valid dan Sangat Praktis untuk digunakan sebagai media belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata Kunci : Pengembangan, Media, powerpoint interaktif, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:56
Last Modified: 10 Mar 2023 02:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12181

Actions (login required)

View Item View Item