Trifalny, Rike and Ira, Rahmayuni Jusar (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV SDN 08 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER KYN.pdf Download (200kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (350kB) |
|
Text
ABSTRAK K.pdf Download (196kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (285kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (410kB) |
|
Text
BAB 5, DAPUS.pdf Download (406kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI KYN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN 08 Surau Gadang dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang yAng berjumlah 28 siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis lembar hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase siswa sebesar 53,5% dengan rata-rata hasil belajar 61,78 dan meningkat pada siklus II sebesar 71,4% dengan rata-rata hasil belajar 73,21. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV SDN 08 Surau Gadang berlangsung dengan sangat baik. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV SDN 08 Surau Gadang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 04:09 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 04:09 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12242 |
Actions (login required)
View Item |