PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN TEKS EKPLANASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS V SDN 24 UJUNG GURUN KOTA PADANG

Lara, Muzdalifah and Wirnita, Eska (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN TEKS EKPLANASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS V SDN 24 UJUNG GURUN KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNGHATTA.

[img] Text
Bab 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
cover, halaman pengesahan.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (295kB)
[img] Text
kesimpulan saran dan daftar pustaka.pdf.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangya kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas V SDN 24 Ujung Gurun, kota Padang. Tujuan peneliti ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia melalui model Problem Based learning (PBL). Teori yang dijadikan acuan adalah teori Tarigan (2013) dalam menulis, Resmini (2006) pembelajaran bahasa indonesia, model Problem Based Learning digunakan teori Duch (1995). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN 24 Ujung Gurun, Kota Padang. Intrumen penelitian adalah lembar obsevasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada lembar observasi aktivitas guru pada siklus I memiliki persentase 77% dengan rata-rata 81,69 sedangkan pada siklus II memiliki persentase 92% dengan rata-rata 98,46. Selanjutnya pada lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I memiliki persentase 72% dengan rata-rata 75,66 sedangkan pada siklus II memiliki persentase 88% dengan rata-rata 92,27 dan pada hasil belajar siswa pada siklus I memiliki rata-rata 84,54 sedangkan pada siklus II memiliki rata-rata 92,27. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) meningkat. Kata kunci : kemampuan menulis ringkasan teks eksplanasi, pembelajaran bahasa indonesia, model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:05
Last Modified: 10 Mar 2023 05:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12313

Actions (login required)

View Item View Item