Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Research Based Leraning (RBL) Siswa Kelas V SD Negeri 08 V Kampung Dalam Kab.Padang Pariaman.

Lolyta, permata suri and Gusmaweti, Gusmaweti (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Research Based Leraning (RBL) Siswa Kelas V SD Negeri 08 V Kampung Dalam Kab.Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
loly, cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
babv, dp loly.pdf

Download (205kB)
[img] Text
loly key pdf okyyyy fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Research Based Learning (RBL) pada materi tema 7 “Peristiwa Dalam Kehidupan “ SD Negeri 08 V Koto Kampung Dalam yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase kevalidan 93% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh presentase kevalidan 89% dengan kriteria valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 93% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran IPA berbasis Research Based Learning (RBL) pada materi tema 7 “ Peristiwa Dalam Kehidupan” memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase kevalidan 92,22%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 25 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 98% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan presentase kepraktisan 92,25% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Research Based Learning (RBL) memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar (SD) secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:19
Last Modified: 13 Mar 2023 04:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12451

Actions (login required)

View Item View Item