PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD SABBIHISMA 01 KOTA PADANG

Noviani, Saputri and Muhammad, Sahnan and M., Tamrin (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD SABBIHISMA 01 KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Sabbihisma 01 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan pada penelitian ini adalah Randomized Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Sabbihisma 01 Kota Padang dan untuk menentukan sampel menggunakan teknik Sampling Random Sampling atau pengambilan sampel dengan cara undian atau lottre. Kelas sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VA 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB 26 orang sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunkan model Two Stay Two Stray dengan kelas kontrol yang menggunkan motode Konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nilai dan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = jumlah nilai 2195 dengan rata-rata nilai 84,42, kontrol = jumlah nilai 2060 dengan rata-rata 79,23) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel (2,48 > 2,019). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Sabbihisma 01 Kota Padang. Kata Kunci :Pembelajaran IPS, Model Two Stay Two Stray, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 03:11
Last Modified: 24 May 2023 03:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13689

Actions (login required)

View Item View Item