PENGARUH PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 05 JARUAI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG KOTA PADANG

Yani, Mariza and Marsis, Marsis and Hidayati, Azkiya (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 05 JARUAI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (155kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar Bahasa Indonesia yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar Bahasa Indonesia yang pembelajarannya menerapkan metode pembelajaran konvensional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tarigan (2008:7) yaitu tentang membaca pengumuman. Metode penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dan menggunakan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 05 Jaruai Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang yang berjumlah 50 orang. Dalam penelitian siswa dibagi kedalam dua kelas yaitu kelas eksperimen terdiri atas 25 orang dan kelas control terdiri dari 25 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Teknik Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan rubrik dalam membaca pengumuman. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t karena data berdistribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,40 dan 74,80 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh t0 (2,396) >t(2,012), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 05 Jaruai Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Kata kunci :mind mapping, hasil belajar, pembelaj

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 May 2023 08:03
Last Modified: 29 May 2023 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13787

Actions (login required)

View Item View Item