pitri, yenni and M, Nursi (2023) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SD NEGRI 28 KORONG GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas BUNG Hatta.
Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 28 Korong Gadang Kota Padang, dan bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn siswa tersebut pada aspek kognitif pemahaman (C2) dan aspek afektif kerja sama (A2) melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek berjumlah 20 orang siswa, yang dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dan diakhiri dengan tes di akhir masing-masing siklus. Sedangkan intrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi penilaian aspek afektif siswa, dan lembar tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh ketuntasan hasil belajar: aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 50% dengan rata-rata hasil belajar 75, dan meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan ratarata hasil belajar 90. Sedangkan aspek afektif siswa, diperolah persentase pada siklus I sebesar 61,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Dengan demikian dapat ditegaskan bahwa hasil pembelajaran PKn siswa kelas V SDN 28 Korong Gadang Kota Padang dapat ditingkatkan dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw baik pada ranah kognitif maupun ranah afektif. . Kata kunci: Hasil Pembelajaran, Afektif, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, PKn
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 07:09 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 07:09 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15296 |
Actions (login required)
View Item |