PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 04 KOTA PADANG PANJANG BARAT

Tri, Noviarti and Hidayati, Azkiya (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 04 KOTA PADANG PANJANG BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN ABSTRAK DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (819kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya data aktivitas belajar siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 04 Kota Padang Panjang Barat, yang ini disebabkan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode pembelajaran saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Time Token di kelas V SDN 4 Kota Padang Panjang Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 23 orang. Terdapat siswa laki-laki 13 orang dan 10 orang siswa perempuan kelas V SDN 4 Kota Padang Panjang Barat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, aktivitas keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar aktivitas guru sebanyak 71,42% meningkat pada siklus II menjadi 88,09%. Sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 70,83% meningkat pada siklus II sebanyak 87,49%. Hasil aktivitas keterampilan berbicara siswa pada siklus I memperoleh nilai sebanyak 47,72% meningkat pada siklus II menjadi 79,54%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpilkan bahwa menggunakan metode Time Token pada keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan aktivitas keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 04 Kota Padang Panjang Barat. Saran penggunaan metode Time Token pada pembelajaran Bahasa Indonesia membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran dan penerapan metode Time Token pada pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan informasi dan bahan perbandingan bagi pelaksanaan penelitian sejenis dan relevan. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia, metode Pembelajaran Time Token

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:20
Last Modified: 01 Sep 2023 07:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15544

Actions (login required)

View Item View Item