PENGARUH MODEL DISCOVERY BASED LEARNING (DBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 05 SAWAHAN PADANG

Yona Devita, Yona and Tamrin, Tamrin (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY BASED LEARNING (DBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 05 SAWAHAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB V PENUTUP Yona.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Cover yona.pdf

Download (225kB)
[img] Text
SKRIPSI YONA DEVITA (1910013411171).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Based Learning (DBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 05 Sawahan Padang pada Pembelajaran PKn. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran PKn yang diterapkan oleh SD Negeri 05 Sawahan Padang adalah 75 dan sekolah ini menerapkan kurikulum 2013. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 05 Sawahan Padang. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar PKn siswa kelas eksperimen sebesar 93,3 dan pada kelas kontrol yaitu 90. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan ℎ� > �� dengan nilai ℎ� 2,28 dan nilai 2,00 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Negeri 05 Sawahan Padang dengan menggunakan Model Discovery Based Learning (DBL) dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Penulis memberikan saran agar dapat menggunakan Model Discovery Based Learning (DBL) pada proses pembelajaran dengan tahap pelaksanaan yang baik sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:10
Last Modified: 04 Sep 2023 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15659

Actions (login required)

View Item View Item