Salsabila, Tifanny and M, Nursi (2023) Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Dengan Model Index Card Match Di SDN 40 Bukit Gado – Gado Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER DAN HALAMAN PENGESAHAN SALSABILA TIFANNY.pdf Download (768kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA SALSABILA TIFANNY.pdf Download (312kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI SALSABILA TIFANNY.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 40 Bukit Gado-gado Kota Padang dengan jumlah subjeknya 14 orang siswa, dengan target untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS siswa kelas V di SDN 40 Bukit Gado-gado Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi afektif siswa, dan lembar tes hasil belajar. Ketuntasan hasil belajar aspek kognitif (C1&C2) siswa pada siklus I sebesar 43% dengan rata-rata 72,2, kemudian pada siklus II meningkat menjadi sebesar 79%, dengan rata-rata 82,2. Sementara itu hasil belajar aspek afektif (A2) siswa, pada siklus I sebesar 57%, dan pada siklus II meningkat menjadi 93%. dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 40 Bukit Gado-gado Kota Padang. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Index Card Match, IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:02 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:02 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15892 |
Actions (login required)
View Item |