ISTIQOMAH, ISTIQOMAH and M., Tamrin (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 23 UJUNG GURUN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
abstrak isti.pdf Download (558kB) |
|
Text
kesimpulan.pdf Download (313kB) |
|
Text
skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran PKn melalui model Problem Based Learning di kelas V SDN 23 ujung gurun. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan Penelitian ada 4 (1) Perencanaan, (2) tindakan/pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakanakan bahwa pembelajaran PKn dengan Mengunakan model Problem Based Learning terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase siklus I bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus adalah 73%, sedangkan siklus II 78%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 63,82 meningkat pada siklus II menjadi 78,82. Disamping itu persentase siswa yang tuntas pada siklus I ada 7 orang (41,71%). Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 13 orang (76,47%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran PKn dengan model Problem Based Learning telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 23 Ujung Gurun Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Kata Kunci : Hasil Belajar,PKn, Problem Based Learning (PBL)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:39 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 06:39 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15989 |
Actions (login required)
View Item |