PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG

Delfiani, Delfiani and Gusnetti, Gusnetti (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
SKIPSI DELFIANI_17-142 REPOSITORY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema 7 subtema 1 kelas V SDN 54 Anak Air Padang yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan/ Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, disign, development, dan disseminate. Karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas V SD Negeri 54 Anak Air Padang, dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas V SDN 54 Anak Air Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata (89%) baik dari aspek kelayakan isi (85%), aspek penyajian dan tampilan (86%), dan aspek bahasa (97%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata presentase (92%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (91%). Hasil Penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (93,6%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada tema 7 subtema 1 kelas V SDN 54 Anak Air Padang yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:28
Last Modified: 12 Sep 2023 06:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16156

Actions (login required)

View Item View Item