Delfiani, Delfiani and Gusnetti, Gusnetti (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
  | 
            
              
Text
 COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,DAN BAB PENDAHULUAN.pdf Download (782kB) | Preview  | 
          |
  | 
            
              
Text
 BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview  | 
          |
| 
              
Text
 SKIPSI DELFIANI_17-142 REPOSITORY.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema 7 subtema 1 kelas V SDN 54 Anak Air Padang yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan/ Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, disign, development, dan disseminate. Karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas V SD Negeri 54 Anak Air Padang, dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas V SDN 54 Anak Air Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata (89%) baik dari aspek kelayakan isi (85%), aspek penyajian dan tampilan (86%), dan aspek bahasa (97%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata presentase (92%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (91%). Hasil Penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (93,6%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada tema 7 subtema 1 kelas V SDN 54 Anak Air Padang yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SD.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 
| Depositing User: | PGSD FKIP | 
| Date Deposited: | 12 Sep 2023 06:28 | 
| Last Modified: | 12 Sep 2023 06:28 | 
| URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16156 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        