Joni, Mardanil and Erman, Har and Hendra, Hidayat (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODELPICTURE AND PICTURE DI SDN 04 KOTO RANAH PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
cover-bab I.pdf Download (753kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Koto Ranah dengan menggunakan model picture and picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar penilaian kognitif, afektif, dan pisikomotor. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase skor hasil kognitif siswa pada siklus I adalah dengan persentase 33,3% meningkat pada siklus II dengan persentase 75%, hasil afektif siswa pada siklus I adalah dengan persentase 48,45% meningkat pada siklus II dengan persentse 76,0%, hasil Psikomotor siswa pada siklus I adalah dengan persentase 55,7% meningkat pada siklus II dengan persentase 84,9%, dan hasil kegiatan guru pada siklus I dengan persentase 55%. Meningkat pada siklus II dengan persentase 82,5%. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dapat ditingkatkan dengan model picture and picture. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: IPA, Hasil, Afektif, Kognitif, Pisikomotor, Picture And Picture
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:27 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16272 |
Actions (login required)
View Item |