Nur, Hasanah and Zulfa, Amrina and Arlina, Yuza (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELAUI MODEL KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DI SDN 26 JATI UTARA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER- BAB I.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya pada kelas V di SDN 26 Jati Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 26 Jati Utara, yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diketahui bahwa aktivitas belajar siswa 36,30% pada siklus I meningkat menjadi 70,23% pada siklus II, aktivitas kegiatan guru 70% pada siklus I meningkat menjadi 87,50%, dan hasil belajar siswa dari 82,14% pada siklus I meningkat menjadi 89,28% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe berkirim salam dan soal di SDN 26 Jati Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 08:09 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 08:09 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16286 |
Actions (login required)
View Item |