Dina, Andromeda and Muhammad, Sahnan and Asrul, Taher (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 20 TUNGGUL HITAM PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (949kB) |
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (199kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 20 Tunggul Hitam Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan mind mapping sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 20 Tunggul Hitam Padang yang berjumlah 342 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 20 Tunggul Hitam Padang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPS antara kelas eksperimen yang menerapkan model mind mapping dan kelas kontrol dengan menerapkan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan hasil ttest yaitu thitung 4,63 > ttabel 1,68 pada taraf nyata signifikan (α) 0,05. Hasil rata-rata nilai post test kelas eksperimen sebesar 86,88 lebih baik dari hasil rata-rata nilai post test kelas kontrol yaitu 74,88 dan KKM 75. Kata Kunci: Model, Mind Mapping, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:37 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:37 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16379 |
Actions (login required)
View Item |