REKAYASA SISTEM PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK STANDARISASI KERJA PADA USAHA KERIPIK SANJAI BALADO AMAK HAJI BUKITTINGGI

Yogy, Putra Pradana and Yesmizarti, Muchtiar and Noviyarsi, Noviyarsi (2020) REKAYASA SISTEM PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK STANDARISASI KERJA PADA USAHA KERIPIK SANJAI BALADO AMAK HAJI BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
27. Yogy Putra Pradana 1610017311007 Cover.pdf

Download (41kB)
[img] Text
27. Yogy Putra Pradana 1610017311007 Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
27. Yogy Putra Pradana 1610017311007 BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
27. Yogy Putra Pradana 1610017311007 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
27. Yogy Putra Pradana 1610017311007 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
27. Yogy Putra Pradana 1610017311007 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
27. Yogy Putra Pradana 1610017311007 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
27. Yogy Putra Pradana 1610017311007 BAB VI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
27. Yogy Putra Pradana 1610017311007 Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB)

Abstract

Hal yang sering dijumpai pada proses produksi pembuatan keripik adalah produk gagal. Produk gagal menjadikan penurunan kualitas pada produksi. Lemahnya pengetahuan mengenai pentingnya kualitas menyebakan suatu usaha hanya mengandalkan perkiraan yang mereka anggap benar. Tidak adanya standarisasi juga merupakan satu hal yang mempengaruhi penurunan kualitas pada produksi. Penelitian dilakukan di IKM keripik Sanjai Amak Haji yang berfokus pada pembahasan mengenai perbaikan sistem dengan melakukan sebuah rekayasa sistem pengendalian kualitas. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pengendalian kualitas adalah metode proses kontrol statistik. Untuk memperbaiki sistem digunakanlah rekayasa sistem menggunakan siklus PDCA. Mulai dari melakukan plan sampai tahap akhir yaitu action. Hasil yang didapat adalah mengidentifikasi jenis produk cacat yang mempengaruhi penurunan kualitas. Jenis produk cacat yang didapat ada tiga jenis yaitu produk gosong, produk patah dan produk masuk angin/melempem. Banyaknya jumlah produk gagal yang ditemukan pada bulan MaretAgustus 2020 terbagi atas empat produk yang dihasilkan yaitu produk keripik ubi tawar produk gagal yang ditemukan sebanyak 437 kg, untuk keripik balado merah sebanyak 63 kg, keripik balado hijau sebanyak 38 kg dan untuk keripik balado durian ditemukan sebanyak 51 kg. Untuk produk cacat paling dominan dihasilkan oleh produk cacat gosong yang presentasenya sebesar 53,48%. Hasil solusi untuk mengurangi produk cacat dominan yang didapat berdasarkan analisa 5W + 1H didapatkanlah solusi membuat sebuah instruksi kerja yang berfokus pada kegiatan penggorengan, hal ini dikarenakan produk gosong erat kaitannya dengan proses penggorengan. Hasil akhir yang didapatkan adalah pembuatan dua buah instruksi kerja yang dibuat yaitu instruksi kerja untuk persiapan pekerja dan instruksi kerja pada proses penggorengan. Kata Kunci: Pengendalian Kualitas, Rekayasa Sistem, 5W + 1H, Proses Kontrol Statistik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:32
Last Modified: 26 Nov 2020 03:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1754

Actions (login required)

View Item View Item