PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 05 SURAU GADANG PADANG

Ainun, Nisa' and Risa, Yulisna (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 05 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN ATAU PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI AINUN NISA' 20-003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negri 05 Surau Gadang Kota Padang, di sebabkan kemampuan berbicara siswa tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing di kelas IV SD Negri 05 Surau Gadang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 27 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi siswa dan lembar tes kemampuan berbicara. Peneliti ini terdiri dari 2 siklus, pada siklus dilakukan tes kemampuan berbicara. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil aktivitas guru pada siklus I ke siklus II. Adapun hasil rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I hanya mencapai angka 67,5% yang dikategorikan cukup dan meningkat siklus II menjadi 90% yang dikategorikan sangat baik. Selanjutnya pada aktivitas siswa, diketahui rata-rata persentase siklus I yaitu 68,76% dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Selain itu, juga terjadi peningkatan pada kemampuan berbicara siswa di siklus I yaitu 61,33 dan meningkat pada siklus II 79,25. Berdasarkan kemapuan berbicara siswa pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negri 05 Surau Gadang Kota Padang. Saran dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan model Role Playing, siswa diharapkan aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: kemampuan berbicara, pembelajarn bahasa indonesia, model role playing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:05
Last Modified: 21 Mar 2024 07:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19106

Actions (login required)

View Item View Item