HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD 02TANJUNG BINGKUANG KAB.SOLOK

SHINTIA, DONA ARMAJUWITA and rona, taula Sari (2024) HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD 02TANJUNG BINGKUANG KAB.SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB 1 SKRIPSI SHINTIA DONA ARMAJUWITA 20-294 .pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI SHINTIA DONA ARMAJUWITA 20-294 .pdf

Download (55kB)
[img] Text
SKRIPSI SHINTIA DONA ARMAJUWITA 20-294 (2024) .pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD 02 Tanjung Bingkuang Kab.Solok, dengan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 02 Tanjung Bingkuang Kab.Solok yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari kelas IV. Teknik pengambilan sampel dengan cara teknik total sampling. Intrumen yang digunakan adalah angket dari motivasi intrinsik menggunakan skala Likert, untuk hasil belajar siswa di peroleh dari dokumentasi hasil ujian sumatif tengah semester ganjil 2023/2024. Teknik analisis yang digunakan dengan aplikasi SPPS 25. Motivasi instrinsik siswa pada pembelajran IPA siswa kelas IV SD 02 Tanjung Bingkuang Kab.Solok, motivasi belajar berada pada kategori cukup dengan nilai 67. Diperoleh nilai hasil sig 0,000 < 0,05 menunjukan bahwa sig r hitung < r tabel sehingga dinyatakan H0 diterima H1 ditolak. Sehingga tidak terdapat hubungan antara motivasi intrinsik dengan hasil belajar IPA siswa SD 02 Tanjung Bingkuang Kab.Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:02
Last Modified: 22 Mar 2024 02:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19322

Actions (login required)

View Item View Item