PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA PERUBAHAN ENERGI KELAS III SD NEGERI 47 KORONG GADANG PADANG

MAULIDAL, IFROH and SISKA, ANGRENI (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA PERUBAHAN ENERGI KELAS III SD NEGERI 47 KORONG GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI MAULIDAL IFROH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas III SD Negeri 47 Korong Gadang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes di akhir siklus, terdapat empat tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh observasi guru siklus I adalah 70%, siklus II meningkat menjadi 80%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73,84 Dengan ketuntasan 53,84%, meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,46 dengan ketuntasan 92,31%. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan aktivitas guru dan hasil belajar siswa di SD Negeri 47 Korong Gadang Padang dan disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci : Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Discovery Learning, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:06
Last Modified: 22 Mar 2024 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19326

Actions (login required)

View Item View Item