Dwi, Ardian Sari and Erman, Har (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 P ADANG LAWEH,KEC.PADANG LAWEH,KAB.DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
DWI ARDIAN SARI i.pdf Download (715kB) |
|
Text
DWI ARDIAN SARI ii.pdf Download (167kB) |
|
Text
DWI ARDIAN SARI iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Padang Laweh, Kec. Padang Laweh, Kab. Dharmasraya yang berjumlah 22 orang. Intrument penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa persentase aktivitas guru yaitu 74,5% pada siklus I meningkat menjadi 87% pada siklus II. Pada hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 55% dengan rata-rata hasil belajar 75 meningkat menjadi 86% dengan rata-rata hasil belajar 85,45 pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model discovery learning dapat meningkat hasil belajar siswa kelas IV SDN 04 Padang Laweh, Kec. Padang Laweh, Kab. Dharmasraya. Saran dalam penelitian ini kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengkaji lebih dalam terkait menggunakan model discovery learning untuk Meningkatkan hasil belajar. Kata kunci:Ilmu pengetahuan alam, model discovery learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:59 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:59 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19382 |
Actions (login required)
View Item |