Dina, Anggraini and Ade, Sri Madona (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 26 BUKIT PUTUS DALAM KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
DINA ANGGRAINI i.pdf Download (867kB) |
|
Text
DINA ANGGRAINI ii.pdf Download (323kB) |
|
Text
DINA ANGGRAINI III.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas IV SDN 26 Bukit Putus Dalam Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV melalui model inside outside circle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 26 Bukit Putus Dalam Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bertanya pada siklus 1 diperoleh rata-rata presentase 40,5%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata presentase sebesar 79,3%. Aktivitas Menanggapi pada siklus I diperoleh rata-rata presentase 55%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata dengan rata-rata presentase sebesar 82,3%. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran inside outside circle dapat divariasikan dalam penggunaan nya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar IPAS siswa menjadi lebih baik. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Model (Inside Outside Circle)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 05:07 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 05:07 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19394 |
Actions (login required)
View Item |