PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARDS PADA SISWA KELAS II DI SDN 47 KORONG GADANG, PADANG

Lina, Mariana Putri and Syofiani, Syofiani (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARDS PADA SISWA KELAS II DI SDN 47 KORONG GADANG, PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
LINA MARIANA PUTRI i.pdf

Download (710kB)
[img] Text
LINA MARIANA PUTRI ii.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LINA MARIANA PUTRI iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa di kelas II SDN 47 Korong Gadang, Padang dengan menggunakan media flash card. Sekitar 24 siswa kelas II adalah subjek penelitian ini. Penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan. PTK dilakukan dalam empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat yang digunakan termasuk lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi siswa, dan rubrik penilaian kemampuan membaca nyaring siswa. Dengan menggunakan media Flash Cards untuk mengajar Bahasa Indonesia, kemampuan membaca nyaring siswa dapat ditingkatkan. Hasilnya menunjukkan bahwa persentase siswa yang melihat aktivitas guru pada siklus I adalah 86%, dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Persentase ketuntasan observasi siswa pada siklus I adalah 73%, dan 81% pada siklus II. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya nilai ketuntasan membaca siswa pada siklus I sebanyak 70 dan pada siklus II meningkat sebanyak 90. Ketuntasan kemampuan membaca siswa berada pada kategori lancar dan sangat lancar. Kata Kunci : kemampuan membaca nyaring, Media Flash Cards

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:06
Last Modified: 21 Mar 2024 05:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19395

Actions (login required)

View Item View Item