PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) SISWA KELAS IV SDN 08 SURAU GADANG KOTA PADANG

Hofifa Indah, Fhalesty and Hidayati, Azkiya (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) SISWA KELAS IV SDN 08 SURAU GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
HOFIFA INDAH FHALESTY i.pdf

Download (961kB)
[img] Text
HOFIFA INDAH FHALESTY ii.pdf

Download (331kB)
[img] Text
HOFIFA INDAH FHALESTY iii.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 08 Surau Gadang Kota Padang, yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Penelitian ini bertujuan agar meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 27 orang. Siswa laki-laki 15 orang siswa perempuan sebanyak 12 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes keterampilan menulis siswa. Teknik analisis data berupa data pelaksanaan proses pembelajaran guru, data pelaksanaan proses pembelajaran siswa, analisis lembar observasi keterampilan menulis siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I mencapai 64,58% dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 83,33% dengan kategori sangat baik. Pada pelaksanaan data aktivitas siswa siklus I mencapai 62,45% dengan kategori cukup pada siklus II mengalami peningkatan siswa lebih aktif dari pada siklus sebelumnya saat proses pembelajaran mencapai 83,33% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada hasil tes keterampilan menulis siswa pada siklus I mencapai 60,30% pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan siswa lebih teliti dalam menjawab lembar tes yang diberikan menjadi 76,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) pada keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang Kota Padang. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Model SAVI, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:35
Last Modified: 21 Mar 2024 04:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19418

Actions (login required)

View Item View Item