PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SUSTAINED SILENT READING DI SDN 045/Xl KOTO DUA KEC PESISIR BUKIT KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI

Pratiwi, Patriza and M., Sayuti (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SUSTAINED SILENT READING DI SDN 045/Xl KOTO DUA KEC PESISIR BUKIT KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 COVER-BAB 1 PRATIWI PATRIZA 123.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB V tiwi.pdf

Download (179kB)
[img] Text
FILE 3 BAB 1-LAMPIRAN PRATIWI PATRIZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 045/XI Koto Dua Kec Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi yang disebabkan pada saat proses pembelajaran model yang digunakan guru kurang menarik sehingga siswa kurang tertarik untuk membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kemampuan membaca pemahaman melalui model Sustained Silent Reading dan mendeskripsikan sejauh mana peningkatan nilai hasil belajar kemampuan membaca pemahaman melalui model Sustained Silent Reading pada kelas IV SDN 045/XI Koto Dua Kec Pesisr Bukit Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran SSR dikemukakan oleh Kasihani (2007:65), Teori yang digunakan dalam membaca pemahaman dikemukakan oleh Tarigan (2008:58). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 045/Xi Koto Dua Kec Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi yang Berjumlah 27 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siwa, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil hasil penelitian, rata-rata Persentase aktivitas guru siklus I sebesar 68,96% meningkat pada siklus II menjadi 84,47%. Pada aktivitas siswa rata-rata persentasenya siklus I sebesar 62% meningkat pada siklus II menjadi 81,94%, persentase rata-rata tes hasil belajar siswa siklus I sebesar 73,7% meningkat pada siklus II menjadi 82,7%. Dimana siswa mengalami perubahan cara belajar melalui model SSR siswa dapat menunjukkan kemampuannya dalam membaca pemahaman. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca pemahaman melalui model SSR dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 045/XI Koto Dua Kec Pesisr Bukit Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Kata kunci: membaca pemahaman, pembelajaran bahasa indonesia, model pembelajaran susutained silent reading

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:12
Last Modified: 21 Mar 2024 04:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19473

Actions (login required)

View Item View Item