PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS II-A SDN 08 SURAU GADANG KOTA PADANG

Elza, Hendrizal (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS II-A SDN 08 SURAU GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
FULL LOGO 1-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas II-A SDN 08 Surau Gadang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan dua siklus dengan tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II-A SDN 08 Surau Gadang, berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan analisis lembar tes hasil belajar persentase siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar pada siklus I ranah kognitif (C1) dari 67,14% dan meningkat pada siklus II menjadi 80,71% dan (C2) dari 54,28% meningkat menjadi 85%, selain itu dari ranah afektif merespons (A2) siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh persentase 64,28% selanjutnya pertemuan II 92,28%. Pada siklus II pertemuan I yaitu 96,42%, sedangkan pertemuan II sudah mencapai 100%. Jadi Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas II-A SDN 08 Surau Gadang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:13
Last Modified: 21 Mar 2024 05:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19480

Actions (login required)

View Item View Item