PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DIKELAS III SDN 01 SIMPANG AMPEK KABUPATEN AGAM

Refgina, Keresy and Gusmaweti, Gusmaweti (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DIKELAS III SDN 01 SIMPANG AMPEK KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Refgina Keresy 20-127 - cover s.d Daftar Lampiran.pdf

Download (702kB)
[img] Text
Refgina Keresy 20-127 - BAB I s.d BAB IV.pdf

Download (513kB)
[img] Text
Refgina Keresy 20-127 - BAB V s.d Daftar Rujukan.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Refgina Keresy 20-127 - skripsi Full.pdf

Download (17MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN 01 Simpang Ampek Kabupaten Agam, menggunakan model Children Learning In Science (CLIS). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian adalah untuk seluruh siswa kelas III yang berjumlah 16 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana satu siklus terdapat dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Children Learning In Science (CLIS) terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus I analisis lembar observasi aspek guru pada siklus I adalah 77% sedangkan pada siklus II adalah 89,5%. Persentase ketuntasan belajar siswa pada sisklus I adalah 62,5% dengan nilai rata-rata 72,6. Pada siklus II meningkat menjadi 81,2% dengan nilai rata-rata 80,8. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Simpang Ampek. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model Children Learning In Science (CLIS) bisa dijadikan salah satu alternatif yang diterapkan pada materi yang berbedauntuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:36
Last Modified: 22 Mar 2024 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item