PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM QUIZ DI SDN 22 PASAMAN

Elfi, Rahmi and Ade, Sri Madona (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM QUIZ DI SDN 22 PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI ELFI RAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V ELFI RAHMI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
COVER-BAB I ELFI RAHMI.pdf

Download (534kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang tahapannya perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang mana masing-masing siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 orang siswa. Model dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model team quiz. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa dalam berdiskusi dari 52% pada siklus I meningkat menjadi 78,5% pada siklus II, aktivitas bertanya dari 45% pada siklus I meningkat mejadi 73,5% pada siklus II, dan aktivitas demonstrasi dari 33% pada siklus I meningkat menjadi 72% pada siklus II. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan model team quiz dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Pancasila siswa dan disarankan guru agar dapat memilih model yang relevan salah satunya dengan menggunakan model team quiz.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:43
Last Modified: 22 Mar 2024 02:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19555

Actions (login required)

View Item View Item