Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang

Resti, Annisa and Rio, Rinaldi (2024) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE I.pdf

Download (727kB)
[img] Text
FILE II.pdf

Download (295kB)
[img] Text
FILE III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 15 Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Kondisi tersebut disebabkan oleh saat proses pembelajaran guru kurang bervariasi menerapkan metode atau teknik atau media dalam pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan model Picture and Picture pada siswa kelas IV SD Negeri 15 Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Penelitian ini berupa Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data, yang digunakan yaitu metode observasi, metode tes (dalam bentuk penugasan menulis narasi), dan metode dokumentasi. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Shohimin (2018) yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 15 Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembara keterampilan menulis siswa. Persentase lembar observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 16% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 32%. Rata-rata observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 67% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 88%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase pada siklus I sebesar 16% dengan rata-rata hasil belajar 71 dan meningkat pada siklus II menjadi 32% dengan nilai rata-rata 80. Kondisi ini berarti pembelajaran pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri 15 Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Dari hasil yang diperoleh, maka keterampilan menulis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Picture and Picture. Kata kunci: keterampilan menulis siswa, model picture and picture, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:19
Last Modified: 22 Mar 2024 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19577

Actions (login required)

View Item View Item