Meitasya Nabela, Fatonah and Zulfa, Amrina (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SDN 68/III SIULAK DERAS MUDIK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
SKRIPSI MEITASYA DONE-cover.pdf Download (198kB) |
|
Text
SKRIPSI MEITASYA DONE-Bab Pendahuluan.pdf Download (447kB) |
|
Text
SKRIPSI MEITASYA DONE-Bab Pendahuluan.pdf Download (447kB) |
|
Text
SKRIPSI MEITASYA DONE-Bab Penutup.pdf Download (427kB) |
|
Text
SKRIPSI MEITASYA DONE-Daftar Pustaka.pdf Download (194kB) |
|
Text
SKRIPSI MEITASYA DONE- full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN 68/III Siulak Deras Mudik, jumlah siswa yaitu 22 orang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran matematika menggunakan model Project Based Learning (PjBL) di SDN 68/III Siulak Deras Mudik dan meningkatkan hasil belajar (aspek kognitif) matematika siswa kelas V pada pembelajaran menggunakan model PjBL di SDN 68/III Siulak Deras Mudik. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Berdasarkan tabel indikator berpikir kreatif siswa, bahwa pembelajaran matematika melalui penggunaan model PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran. Persentase aktivitas guru pada siklus rata-rata skor 75,9 % meningkat pada siklus II menjadi 85,2%. Pada siklus I memiliki rata-rata persentase nilai 42,5% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 73,3%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 64,5% kemudian meningkat pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar 79,8%. Peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas V melalui model PjBL. Oleh sebab itu disarankan agar guru dapat menggunakan model PjBL dalam mengajar pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 03:29 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 03:29 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19638 |
Actions (login required)
View Item |