PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE SISWA KELAS II UPT SDN 01 PASAR KUOK, KABUPATEN PESISIR SELATAN

windiputri, Rahmadani and Risa, Yulisna (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE SISWA KELAS II UPT SDN 01 PASAR KUOK, KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
PENDAHULUAN WINDI PUTRI RAHMADANI 19 - 099.pdf

Download (285kB)
[img] Text
PENUTUP WINDI PUTRI RAHMADANI 19-099.pdf

Download (226kB)
[img] Text
FUL TEKS SKRIPSI WINDI PUTRI RAHMADANI 19-099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas II UPT SDN01 Pasar Kuok, Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam membaca. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model Scramble. Teori yang dijadikan dalam mengamati data adalah teori membaca yang dikemukan oleh Tarigan, sedangkan teori Shoimin menjelaskan tentang model pembelajaran Scramble. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Arikunto dkk. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II UPT SDN 01 Pasar Kuok, Pesisir Selatan yang berjumlah 22 orang. Hasil Penelitian adanya peningkatan dilihat dari hasil belajar pada siklus I yakni 73,68% dan meningkat pada siklus II 87,5%. Sedangkan untuk hasil belajar kemampuan siswa pada siklus I yakni 79.1% mengalami peningkatan pada siklus II yakni 84,35%. Hal ini menunjukkan melalui model Scramble terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dalam pembelajaran Bahasa indonesia di kelas II UPT SDN 01 Pasar Kuok, Kab Pesisir Selatan. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Model Scramble Kemampuan memmbaca .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:39
Last Modified: 25 Mar 2024 01:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19822

Actions (login required)

View Item View Item