PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTU LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 01 LABUAH GUNUANG

Mia Mulyadi, Mia and Syukma Netti, Netti (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTU LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 01 LABUAH GUNUANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB PENUTUP KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI MIA MULYADI 20-226.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN 01 Labuah Gunuang dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan model Realistic Mathematic Education berbantu LKPD. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 01 Labuah Gunuang yang berjumlah 18 siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 85% termasuk kategori sangat baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 95% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 82,63 dengan persentase ketuntasan 67% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 86,66 dengan persentase ketuntasan 78%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Realistic Mathematic Education berbantu LKPD dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru menerapkan model Realistic Mathematic Education berbantu LKPD, agar kedepannya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Model Realistic Mathematic Education, LKPD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:21
Last Modified: 26 Mar 2024 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19925

Actions (login required)

View Item View Item