PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 7 SUB TEMA 2 PADA SISWA KELAS IV MIN 1 BUNGO

Putri, Gustiana and Hendra, Hidayat and Daswarman, Daswarman (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 7 SUB TEMA 2 PADA SISWA KELAS IV MIN 1 BUNGO. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
16. PUTRI 1610013411032 Cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
16. PUTRI 1610013411032 Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
16. PUTRI 1610013411032 bab i.pdf

Download (198kB)
[img] Text
16. PUTRI 1610013411032 bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
16. PUTRI 1610013411032 bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
16. PUTRI 1610013411032 bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
16. PUTRI 1610013411032 bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
16. PUTRI 1610013411032 Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Explicit Instruction terhadap hasil belajar IPA tema 7 subtema 2 pada siswa kelas IV MIN 1 Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “pretest-posttest control group design”. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV MIN 1 Bungo tahun pelajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebanyak 33 orang dan kelas IVB sebanyak 33 orang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes akhir kelas eksperimen yaitu 82,8, sedangkan kelas kontrol yaitu 77,6. Hasil analisis pada taraf nyata α = 0,05 menunjukkan bahwa nilai t hitung = 1,69 dan t tabel = 1,67 sehingga didapatkan t hitung > t tabel berarti H 1 diterima dan H 0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model Explicit Instruction berpengaruh terhadap hasil belajar IPA tema 7 subtema 2 pada siswa kelas IV MIN 1 Bungo. Kata Kunci : Penelitian Ekperimen, Model Explicit Instruction, Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:11
Last Modified: 14 Dec 2020 07:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item