PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Prof. Dr. Hamka, KM 1,4, Air Tawar, Padang)

Al Ghifari, M. Ghazi and Prayitno, Eko (2024) PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Prof. Dr. Hamka, KM 1,4, Air Tawar, Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman pengesahan, Abstrak, Daftar Isi, Dan Bab Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Full Text Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Putaran Balik (U-Turn) adalah gerak lalu lintas kendaraan untuk berputar kembali atau berbelok 180° yang memiliki pengaruh terhadap kecepatan kendaraan dan arus lalu lintas kendaraan dalam arah yang sama. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tundaan dan panjang antrian pada fasilitas U-Turn tersebut. Analisis data pada Proyek Akhir adalah Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn) 06/BM/2005 dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023. Berdasarkan hasil survei, didapatkan volume lalu lintas puncak jam sibuk pada hari rabu pukul 16.45-17.45 WIB pada jalur kiri (Padang-bukit Tinggi) sebesar 1796,90 SMP/jam dan hari senin pukul 07.45-08.45 WIB pada jalur kanan (Bukit Tinggi-Padang) sebesar 1788 SMP/jam, volume putar balik pada hari senin pukul 17.00-18.00 WIB sebesar 477,75 SMP/jam, didapatkan waktu tundaan pada jam sibuk pada hari rabu pukul 16.45-17.45 WIB sebesar 6,64 detik, dan panjang antrian yang didapatkan pada hari rabu pukul 16.45-17.45 WIB sebesar 5,46 meter. Kata kunci : Kinerja Ruas Jalan, PKJI 2023, U-Turn, Panjang Antrian, Waktu Tundaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:03
Last Modified: 04 Sep 2024 04:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

View Item View Item