ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI SMA PERTIWI 1 PADANG)

ANNISA, HISFIANI and Rona, Taula Sari (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI SMA PERTIWI 1 PADANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi program Adiwiyata dengan analisis sikap peduli lingkungan siswa kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian bersifat deskriptif kuantitatif yang menggambarkan variabel secara apa adanya yang didukung dengan data-data berupa angka yang diperoleh dari keadaan sebenarnya. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Intrumen yang digunakan adalah angket dari sikap kepedulian siswa pada lingkungan menggunakan skala likert. Hasil validasi instrumen menurut ahli bahasa sebesar 4,2 dan ahli konten dengan nilai 4,4 dengan sama-sama dikategorikan sangat valid. Hasil reabilitas bernilai sebesar 0,941. Hasil penelitian diperoleh bahwa SMA Pertiwi 1 padang melaksanakan program Adiwiyata berdasarkan empat indikator yakni (1) kebijakan berwawasan lingkungan, (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, (3) kegiatan lingkungan berbasis partisipasif, (4) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan dan meningkat karakter peduli lingkungan siswa pada nilai sebesar 80%dengan kategori aktif. Pada indikator pertama memelihara lingkungan kelas terdapat nilai 77% yang ditegorikan aktif, selanjutnya, pada indikator kedua kegiatan partisipatif dalam berbasis lingkungan terdapat nilai 79% yang ditegorikan aktif, indikator ketiga tentang kurikulum berbasis lingkungan dan pengelolaan sarana dan prasarana ramah lingkungan bernilai 80% yang dikategorikan aktif dan indikator keempat pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah yang bernilai 82% dikategorikan sangat aktif. Kata Kunci : Peduli Lingkungan, Adiwiyata, Implementasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:28
Last Modified: 05 Sep 2024 02:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21811

Actions (login required)

View Item View Item