PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR DI SDN 01 ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG

Zahratul, Putra Yontela and Arlina, Yuza (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR DI SDN 01 ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Skripsi Zahratul Putra Yontela_20-051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikelas II D pada pembelajaran matematika di SDN 01 Ulak Karang Selatan kota Padang, hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional pada proses belajar menagajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II D pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR di SDN 01 Ulak Karang Selatan kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II D SDN 01 Ulak Karang Selatan kota Padang dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar observasi guru sebanyak 65% meningkat pada siklus II menjadi 81,2%. Sedangkan tes hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 64,7% meningkat pada siklus II sebanyak 76,4%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika siswa kelas II D dapat ditingkatkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR di SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Saran penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR pada pembelajaran matematika dapat digunakan sebagai bahan informasi dan bahan perbandingan bagi pelaksanaan penelitian sejenis dan relevan. Bagi peneliti selanjutnya, agar melakukan penerapan model Quantum Teaching tipe TANDUR pada materi lain pada pembelajaran matematika. Selain itu bagi peneliti selanjutnya agar dapat membuat refleksi lebih baik dengan perencanaan lebih matang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:10
Last Modified: 05 Sep 2024 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21986

Actions (login required)

View Item View Item