Della, Della Septiani Putri and Darwianis, Darwianis (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Pembelajaran PPKn siswa kelas IV SDN 19 Muaro Kabupaten Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
cover,halaman pengesahan,abstrak,daftar isi dan bab 1 pendahuluan.pdf Download (579kB) |
|
Text
kesimpulan,saran dan daftar pustaka.pdf Download (38kB) |
|
Text
DELLA SEPTIANi PUTRI 20-115..pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn kelas IV di SDN 19 Muaro Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pada penelitian imi menggunakan desain quasi eksperimental design,kemudian dijadikan sebagai kelas eksperimen dankelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 19 Muaro Kabupaten Sijunjung. Dua kelas menjadi peneltian adalah kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan IV-A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 15 butir soal. Rata- rata nilai yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 71,82, sedangkan kelas kontrol mempunyai rata-rata nilai 62,42. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis. Dari hasil penelitian, terlihat nilai sig (2- tailed) <0,05 (0,001 < 0,05). Dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas IV SDN 19 Muaro Kabupaten Sijunjung tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:15 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 02:15 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21999 |
Actions (login required)
View Item |