Devina, Nitri and Yulfia, Nora and Adesrimadona, Adesrimadona (2020) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 55 1 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
35. DEVINA 1610013411046 Cover.pdf Download (156kB) |
|
Text
35. DEVINA 1610013411046 abstrak.pdf Download (165kB) |
|
Text
35. DEVINA 1610013411046 BAB I.pdf Download (299kB) |
|
Text
35. DEVINA 1610013411046 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
35. DEVINA 1610013411046 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
35. DEVINA 1610013411046 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
35. DEVINA 1610013411046 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
|
Text
35. DEVINA 1610013411046 Daftar Pustaka.pdf Download (273kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena nilai hasil belajar IPS siswa kelas V masih dibawah KKM yaitu 70 dan minat belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara minat dengan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SD Negeri 55 Air Pacah Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 55 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Padang tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 45 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan rumus slovin, sehingga sampel 41 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Model Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (kuat) antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V dengan nilai pearson correlation sebesar 0,763. Hasil uji t diperoleh t = 7,372 > t tabel = = 0,05= 2.01954. Koefisien determinasi sebesar 58,22% yang artinya besarnya kontribusi minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 55 Air Pacah adalah sebesar 58,22%. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada siswa agar meningkatkan minatnya dalam belajar IPS dengan cara meningkatkan perasaan senang dalam belajar IPS, memperhatikan guru dan tertarik terhadap pelajaran IPS. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:32 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 04:32 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2209 |
Actions (login required)
View Item |