UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN 06 DURIAN TARUANG KABUPATEN SOLOK SELATAN

Della, Rahmadany and Syafni, Gustina Sari (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN 06 DURIAN TARUANG KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI DELLA RAHMADANY 19-049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA DELLA RAHMADANY 19-049.pdf

Download (193kB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGSAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (832kB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN 06 DURIAN TARUANG KABUPATEN SOLOK SELATAN Della Rahmadany¹, Syafni Gustina Sari¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : dellarahmadany2000@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 06 Durian Taruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning Di kelas IV SDN 06 Durian Taruang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 66,66% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%, sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 66,66% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%.hal ini berarti indikator keberhasilan dalam pnelitian ini tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 06 Durian Taruang. Berdasarkan pnelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa. Kata Kunci: Hasil belajar, Matematika, Model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:15
Last Modified: 05 Sep 2024 03:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22110

Actions (login required)

View Item View Item