PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA POP UP BOOK DI KELAS V-C SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG

Rahmawati, Rahmawati and Dr. Hendrizal. S.IP., M.Pd., Dr. Hendrizal. S.IP., M.Pd. (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA POP UP BOOK DI KELAS V-C SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (609kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya kualitas proses pembelajaran, dalam proses pembelajaran masih rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan media pop up book di kelas V-C SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang berjumlah 27 orang. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan 4) refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar afektif siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil belajar ranah kognitif siswa aspek pengetahuan (C1) diperoleh persentase pada siklus I sebesar 51,85% meningkat pada siklus II sebesar 88,88%, sedangkan aspek pemahaman (C2) diperoleh persentase pada siklus I adalah 40,74% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,48%, selain itu hasil belajar ranah afektif kemampuan (kerja sama) siswa pada siklus I diperoleh persentase 42,58% meningkat pada silus II sebesar 88,88%. Dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning menggunakan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan media Pop Up Book di kelas V-C SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:33
Last Modified: 05 Sep 2024 07:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22197

Actions (login required)

View Item View Item