PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Renti, Dasla and Pebriyenni, Pebriyenni and M., Tamrin (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
50. RENTI 1610013411093 Cover.pdf

Download (166kB)
[img] Text
50. RENTI 1610013411093 AbstraK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
50. RENTI 1610013411093 BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
50. RENTI 1610013411093 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
50. RENTI 1610013411093 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
50. RENTI 1610013411093 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
50. RENTI 1610013411093 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
50. RENTI 1610013411093 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran PKn berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan menggunakan desain 4-D disederhanakan menjadi 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV semester genap Tahun Ajaran 2019 / 2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain, dan 1 orang dosen validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi PKn memperoleh penilaian 3,71 dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh penilaian 3,05 dengan kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 3,6 dengan kategori sangat valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran PKn berbasis PBL secara keseluruhan yaitu 3,45 dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 4 orang siswa, hasil praktikalitas oleh guru memperoleh persentase hasil 89,12% dengan kriteria sangat praktis, dan hasil praktikalitas oleh siswa diperolah persentase hasil 89,81% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : modul pembelajaran PKn, berbasis Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:37
Last Modified: 17 Dec 2020 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item View Item