PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 06 SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Gusrizalni, Selvi and Amrina, Zulfa (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 06 SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 06 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 06 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata – rata persentase 62,5 % dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 79,16%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata – rata persentase 62,3% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 78,5 %. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata –rata 69,46 dengan persentase ketuntasan 54%, dan pada siklus II diperoleh rata – rata 75,88 dengan persentase ketuntasan 81%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining agar kedepannya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:07
Last Modified: 06 Sep 2024 03:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22392

Actions (login required)

View Item View Item