PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE SCRIPT PADA SISWA KELAS II SDN 32 BUNGO PASANG

Nurul Al Zahara, Nurul and M Sayuti, Sayuti (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE SCRIPT PADA SISWA KELAS II SDN 32 BUNGO PASANG. Diploma thesis, universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER NURUL AL ZAHARA.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB V NURUL.pdf

Download (123kB)
[img] Text
FULL TEKS NURUL SKRIPSI AL ZAHARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia, serta guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan guru kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan afektif kemampuan Kerja sama dan hasil belajar siswa kelas II di SDN 32 Bungo Pasang dengan menggunakan model Cooperative Tipe Script. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan II siklus. Tahap-tahap yang dilakukan dalam pelaksanaan PTK yaitu ada perencaan, pelaksaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif kemampuan Kerja sama siswa dan lembar tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan dalam satu siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persentase kemampuan Kerja sama siswa pada siklus I adalah 53,57%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu sebesar 76,78%. Pesentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 53,57% dengan rata-rata 62,14, meningkat pada siklus II sebesar 82,14 dengan nilai rata-rata 86,60. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model Cooperative Tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan dapat meningkatkan hasil afektif kemampuan kerja sama siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:17
Last Modified: 06 Sep 2024 08:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22514

Actions (login required)

View Item View Item