HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 24 GUNUNG RAJO KAB. TANAH DATAR

NANDA, AULIA SATRI and RONA, TAULA SARI (2024) HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 24 GUNUNG RAJO KAB. TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 October 2024.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara minat dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 24 Gunung Rajo Kab. Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 24 Gunung Rajo Kab. Tanah Datar Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sehingga diperoleh sampel 15 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket yang dianalisis menggunakan bantuan program SPSS versi 29. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui minat belajar menggunakan skala likert sedangkan untuk hasil belajar diperoleh dari sumatif akhir semester genap 2023/2024. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada empat indikator terdapat dua indikator dengan persentase 76% dengan kategori cukup baik yang menandakan minat memiliki hubungan dengan hasil belajar. Dalam uji regresi linieritas sederhana data dinilai signifikan apabila R2 < 0,05. Maka dari hasil uji yang dilakukan diperoleh R2 < 0,05 yaitu 0,041 artinya hubungan minat belajar (X) terhadap hasil belajar (Y) memiliki hubungan yang signifikan. Hal ini sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan pada uji hipotesis jika hubungan minat terhadap hasil belajar signifikan maka hipotesis pada penelitian ini di terima yaitu terdapat hubungan antara minat dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 24 Gunung Rajo Kab. Tanah Datar. Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar, IPAS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:01
Last Modified: 09 Sep 2024 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22564

Actions (login required)

View Item View Item