PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS VII SMP NEGERI 3 KERINCI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL)

Natasia, Astrianzah and Syofiani, Syofiani (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS VII SMP NEGERI 3 KERINCI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PENDAHULUAN NATASIA ASTRIANZAH.pdf

Download (942kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NATASIA ASTRIANZAH.pdf

Download (156kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL NATASIA ASTRIANZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa kelas VII SMPN 3 Kerinci dalam kegiatan menulis teks berita. Hal ini disebabkan oleh kurangnya respon siswa saat pembelajaran berlangsung dan guru kurang kreatif dalam memilih model pembelajaran menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan dan peningkatan kemampuan menulis teks berita berbantuan media audio visual dengan model Project Based Learning (PjBL). Teori yang digunakan antara lain 1) Hakikat pembelajaran dikemukakan oleh Salam (2022:4). 2) Hakikat menulis dikemukakan oleh Suparno et al (2007:3). 3) Hakikat teks berita dikemukan oleh Budayatna (2016:40). 4) Media audio visual dikemukan oleh Ramli (2012:85). 5) Model Project Based Learning (PjBL) dikemukakan oleh Lestari (2022:11-13). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Prosedur dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Kerinci yang berjumlah 14 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes kemampuan menulis teks berita. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I analisis aktivitas guru sebanyak 80,5 % meningkat pada siklus II menjadi 95,5 %. sedangkan analisis aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 78% meningkat pada siklus II menjadi 91,5%. Hasil belajar kemampuan menulis teks berita pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 75,3 dengan ketuntasan klasikal 64% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata nilai 90,3 dengan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 3 Kerinci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:00
Last Modified: 09 Sep 2024 02:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22653

Actions (login required)

View Item View Item