PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MAKE A MATCH DI SDN 34 AIR PACAH PADANG

Hendrian, Desrianto and Risa, Yulisna (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MAKE A MATCH DI SDN 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
(i) Hendrian Desrianto.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(ii) Hendrian Desrianto.pdf

Download (262kB)
[img] Text
(iii) Hendrian Desrianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN 34 Air Pacah Padang serta metode pembelajaran yang digunakan guru terlalu monoton (ceramah). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Make a Match di SDN 34 Air Pacah Padang. Teori yang digunakan dalam model Make a Match dikemukakan oleh Lorna Curran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus dimana dalam satu siklus terdapat 2 kali pertemuan dan dilakukan tes di setiap akhir siklus. Terdapat 4 tahap dalam penelitian ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 34 Air Pacah Padang. Instrument penelitian yang digunakan yaitu, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar tes keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian pada siklus I presentase aktivitas guru sebanyak 74% (tinggi), meningkat pada siklus II menjadi 86% (sangat tinggi). Sedangkan presentase aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 78% (tinggi) meningkat pada siklus II menjadi 84% (sangat tingi). Presentase ketuntasan keterampilan membaca siswa pada siklus I sebanyak 61% dengan nilai rata-rata 60,7 meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 70,7 pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN 34 Air Pacah Padang. Kata kunci : membaca pemahaman, make a match, bahasa indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:14
Last Modified: 09 Sep 2024 03:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22664

Actions (login required)

View Item View Item