PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 08 SURAU GADANG, KOTA PADANG

Dwi, Shinta Gelsi and MARSIS, MARSIS (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 08 SURAU GADANG, KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover dan semuanya.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan dan penutup.pdf

Download (210kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI DWI SHINTA GELSI 20-145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas V B Pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 08 Surau Gadang Kota Padang. Yang disebabkan pada saat proses pembelajaran siswa saat membaca masih banyak yang Kebiasaan siswa pada saat membaca masih mengeluarkan suara (membaca dalam hati). Mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan metode Speed Reading dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa dan Mendeskripsikan peningkatan nilai hasil belajar menggunakan metode Speed Reading dapat meningkatkan keterampilan membaca. Teori yang digunakan dalam pembelajaran Speed Reading dikemukakan oleh Listiyanto Ahmad (2010:122). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 08 Surau Gadang, Kota Padang yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan membaca siswa, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata Peresentase aktivitas guru siklus I sebesar 65,5% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Pada aktivitas siswa rata-rata presentasenya siklus I sebesar 54% meningkat pada siklus II menjadi 95%, presentase rata-rata tes hasil belajar siklus I sebesar 69,25% meningkat pada siklus II menjadi 87,77%. Dimana siswa mengalami perubahan cara belajar dengan melalui metode Speed Reading siswa dapat menunjukan kemampuannya dalam membaca cepat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca cepat dengan metode Speed Reading dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas V SDN 08 Surau Gadang, Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:49
Last Modified: 09 Sep 2024 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22727

Actions (login required)

View Item View Item