PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA FASE E ELEMEN NKRI BERBASIS MODEL TEAM BASED LEARNING

Salsabila, Rizky Aulia and M., Nursi (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA FASE E ELEMEN NKRI BERBASIS MODEL TEAM BASED LEARNING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL (1).pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUANN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase E Elemen NKRI dengan menggunakan model Team Based Learning sebelum pnelitian, untuk mengetahui bagaimana karakteristik modul Pendidikan Pancasila Fase E ElemenNKRI yang valid berbasis Team Based Learning, untuk mengetahui bagaimana karakteristik modul Pendidikan Pancasila Fase E Elemen NKRI yang praktis, untuk mengetahui bagaimana strategi implementasi modul ajar Pendidikan Pancasila Fase E Elemen NKRI Berbasis Team Based Learning. Modul pembelajaran pendidikan Pancasila dengan model Team Based Learningpada kelas X yang memenuhi Kriteria sangat valid dan sangat praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development(R&D). Model Pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi Menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan development. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket modul divalidasi oleh tiga validator ahli yaitu ahli materi dengan 86,15% kategori valid, ahli bahasa dengan 100% kategori sangat valid, dan ahli desain 90,93% kategori sangat valid. Rata-rata keseluruhan nilai validitas diperoleh sebesar 92,36% kategori sangat valid. Untuk uji coba praktikalitas, oleh guru 100%% kategori sangat praktis dan siswa 90,72% kategori sangat praktis. Rata-rata praktikalitas 94,4% kategori sangat praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan model Team Based Learning untuk kelas X dinyatakan valid baik dari aspek materi, bahasa, dan desain. Hasil praktikalitas dinyatakan praktis baik dari aspek penilaian guru maupun siswa. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran pendidikan Pancasila dengan model Team Based Learning telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru di kelas X MAN 2 Padang Panjang Kata Kunci : Modul Ajar, Pendidikan Pancasila, NKRI, Team Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:26
Last Modified: 10 Sep 2024 01:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22742

Actions (login required)

View Item View Item