PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 02 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN

Nadya, Sasmita Eka Putri and Susi, Herawati (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 02 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bagian 2 skripsi Nadya.pdf

Download (265kB)
[img] Text
bagian 1 skripsi nadya.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bagian 3 skripsi NADYA.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 October 2024.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa SDN 02 Pancung Soal dan kurangnya pemahaman siswa tentang konsep matematika dan kesulitan siswa dalam menggunakan rumus dalam mengerjakan soal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV SDN 02 Pancung Soal tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dalam dua siklus, dimana satu siklusnya terdiri dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 02 Pancung Soal dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil obeservasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh rata-rata 100% dan pada siklus II memperoleh rata-rata 100% sehingga hasil observasi guru dikategorikan sangat baik. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 16 orang siswa tuntas (61,53%), sedangkan yang tidak tuntas 10 orang siswa (38,46%). Siklus II presentase ketuntasan siswa sebanyak 22 orang siswa tuntas (84,61%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa (15,38%). Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi luas bangun datar persegi dan persegi panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:21
Last Modified: 10 Sep 2024 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22757

Actions (login required)

View Item View Item